UI dan ADARO Siap Salurkan 100 Unit Ventilator COVENT-20 Senilai Rp2,5 Miliar

UI dan ADARO Siap Salurkan 100 Unit Ventilator COVENT-20 Senilai Rp2,5 Miliar

Dikutip dari: http://eng.ui.ac.id/blog/ui-dan-adaro-siap-salurkan-100-unit-ventilator-covent-20-senilai-rp25-miliar/

Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) menerima bantuan senilai Rp 2,5 Miliar untuk pembuatan dan pendistribusian 100 ventilator COVENT-20 dari PT Adaro Energy Tbk (Adaro) melalui Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN). Seratus Ventilator COVENT-20 tersebut akan didistribusikan ke rumah sakit-rumah sakit yang membutuhkan sebagai bentuk sumbangsih UI dan ADARO dalam memenuhi kebutuhan ventilator di Indonesia di tengah pandemik COVID-19.

“Sejak pertama kali ide COVENT-20 dicetuskan, tujuan kami adalah pengabdian kepada negara serta mendukung pemerintah di dalam menanggulangi COVID-19 di Indonesia. Saat ini, lebih dari 2.000 ventilator dibutuhkan oleh rumah sakit-rumah sakit di seluruh Indonesia. UI dan FTUI tengah membangun kolaborasi dalam pengembangan riset dan inovasi khususnya di bidang alat-alat kesehatan. Kerja sama dengan ADARO ini merupakan perwujudan sinergi antara universitas dan industri dalam mewujudkan hilirisasi riset yang berguna bagi Indonesia,” kata Dekan FTUI, Dr. Ir. Hendri D.S. Budiono, M.Eng.

Dewan Pengawas YABN sekaligus Direktur Adaro M. Syah Indra Aman mengatakan bahwa,”Dalam kondisi pandemik ini, kita semua harus bergerak cepat, saling membantu terutama dalam penyediaan alat kesehatan yang sangat diperlukan untuk penanganan COVID-19. Kebutuhan ventilator untuk rumah sakit di seluruh Indonesia cukup besar, dan pemerintah tidak bisa sendiri. Kami sangat mengapresiasi inovasi dari generasi muda di UI yang menciptakan ventilator COVENT-20 yang berbiaya rendah namun memiliki keunggulan untuk mempercepat penanganan pasien maupun PDP COVID-19 di Indonesia.”

Di tempat terpisah, Sekretaris Universitas dr. Agustin Kusumayanti, M.Sc., Ph.D mengapresiasi bantuan Adaro yang bersama-sama dengan UI berkomitmen untuk menghadirkan solusi bagi negeri. “Ini adalah bentuk gotong royong anak bangsa di tengah pandemik COVID-19. Kami juga mengundang segenap elemen bangsa untuk turut berpartisipasi. Baik dari lembaga penelitian, institusi pendidikan, individu dan juga rekan-rekan industri,” ujarnya.

Kegiatan donasi ini selaras dengan salah satu pilar program YABN yaitu ADARO Nyalakan Raga, dimana sebagai yayasan korporasi, YABN sangat mendukung pencapaian peningkatan kesehatan masyararakat di area operasional Adaro pada khususnya dan di Indonesia pada umumnya. Kerja sama Adaro dengan Universitas Indonesia ini merupakan langkah kongkrit pihak swasta dalam membantu pemerintah dalam mempercepat penanganan COVID-19 dengan menggunakan kekuatan dalam negeri.

Sejak Maret 2020, telah terjadi peningkatan jumlah pasien positif COVID-19 secara signifikan. Ventilator sebagai alat bantu penanganan pasien COVID-19 sangat dibutuhkan oleh RS Rujukan dan RS Darurat di seluruh Indonesia. “COVENT-20 telah dinyatakan lulus uji produk untuk mode ventilasi CMV dan CPAP di Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK) pada April 2020. Ventilator kebanggaan UI ini juga telah menyelesaikan uji pra klinis pada hewan di Animal Facility IMERI FKUI dengan hasil yang memuaskan. Saat ini COVENT-20 tengah menjalani uji klinis pada manusia di RSCM, Jakarta,” ujar Ketua Tim Ventilator UI, Dr. Basari, S.T., M.Eng. menjelaskan.

COVENT-20 memiliki keunggulan berupa ventilasi multimode Continuous Positive Airway Pressure (CPAP) dan Continuous Mandatory Ventilation (CMV). Keunggulan lainnya adalah biaya produksi yang lebih hemat, compact, portable, hemat energi, serta mudah dioperasikan. Tim Ventilator UI merupakan kolaborasi dari para peneliti FTUI, Fakultas Kedokteran UI (FKUI), Rumah Sakit UI, Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jakarta Jurusan Teknik Elektromedik dan RSUP Persahabatan Jakarta.

Sesuai komitmen FTUI, Ventilator COVENT-20 tidak diperjualbelikan secara komersil. Pengadaan dan distribusi ventilator ini dilakukan melalui penggalangan donasi yang dikoordinasikan dibawah Ikatan Alumni FTUI. Selain donasi pribadi maupun kelompok dari para alumni UI, beberapa perusahaan lain juga telah berkomitmen untuk menyumbangkan sejumlah ventilator COVENT-20 kepada rumah sakit di seluruh Indonesia. Penyaluran ditentukan berdasarkan tingkat urgensi dan utilitas, serta rekomendasi donatur.

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.