Tim Ventilator UI serahkan unit COVENT-20 ke RSUI

Tim Ventilator UI serahkan unit COVENT-20 ke RSUI

Dikutip dari: http://eng.ui.ac.id/blog/tim-ventilator-ui-serahkan-unit-covent-20-ke-rsui/

Tim Ventilator Universitas Indonesia (UI) menyerahkan sebuah unit ventilator lokal karya UI, COVENT-20, untuk digunakan di Rumah Sakit Universitas Indonesia pada Selasa, 2 Juni 2020.  Unit COVENT-20 diserahkan oleh Tim Ventilator UI, Dr. Basari, S.T., M.Eng kepada Dokter dr. Ramdinal A Zairinal bersama tim dokter IGD RSUI. Pada kesempatan itu juga tim ventilator UI menjelaskan petunjuk teknik cara penggunaan COVENT-20 kepada tim dokter IGD RSUI yang nantinya akan menggunakan alat tersebut.

Setelah dinyatakan lulus uji produk untuk mode ventilasi CMV dan CPAP di Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK) pada April 2020 serta uji pra klinis pada hewan di Animal Facility IMERI FKUI dengan hasil yang memuaskan, saat ini ventilator kebanggaan UI ini telah memasuki fase uji klinis pada manusia.

Melalui Ikatan Alumni FTUI, Tim Ventilator UI menggalang donasi untuk pengadaan COVENT-20. Selain donasi pribadi maupun kelompok dari para alumni UI, beberapa perusahaan juga telah memberikan komitmen untuk menyumbangkan sejumlah ventilator COVENT-20 kepada rumah sakit di seluruh Indonesia. Penyaluran ditentukan berdasarkan tingkat urgensi dan utilitas, serta rekomendasi donatur.

 

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.