Workshop Kerja 2017

Workshop Kerja 2017

Depok, Indonesia
16th November 2017

Acara

RCBE FTUI telah mengadakan workshop yang dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 16 & 17 November lalu. Workshop ini berupa rangkaian kegiatan workshop administrasi dan keuangan, pendampingan paten, pendirian jurnal, joint workshop dengan FKG UI, dan pembahasan roadmap RCBE. Kegiatan ini bertempat di Margo Hotel Depok dan dihadiri oleh dosen-dosen yang merupakan anggota dari RCBE. Workshop juga ini mendatangkan tamu dari Fakultas lain seperti Fakultas Kedokteran UI dan Fakultas Kedokteran Gigi UI dan dari lembaga UI seperti KARI dan KPPRI, juga mengundang narasumber lain dari ITB, Kemkumham UI, dan konsultan KI.

 

Subkegiatan: Pendampingan Paten

Workshop dalam kegiatan ini dibagi menjadi beberapa sesi. Sesi pertama dibuka pada hari Kamis sore tanggal 16 November 2017 oleh Dr. Yudan Whulanza dan dilanjutkan dengan materi oleh Dr. Mercy Marvel, S.H., M.Si dari Kasubdit Pemeriksaan Paten Ditjen, KI Kemkumham RI tentang “Informasi Paten, Teknik Penulisan Deskripsi Paten, Penelusuran Dokumen Pembanding Paten”. Setelah ashar, workshop dibagi di 3 ruangan meeting yaitu ruang 1 workshop pendampingan paten, ruang 2 FGD Pendirian Jurnal Nasional, dan ruang 3 membahas roadmap penelitian dan produk RCBE.
Workshop pendampingan paten melanjutkan materi Dr. Mercy hingga maghrib dan dilanjutkan dengan pendampingan pembuatan deksripsi paten oleh Ir. Amir Angkasa, S.H. (Konsultan KI, Ali Budiarjo Nugroho Reksodipitro Law Firm). Pendampingan pembuatan deskripsi paten ini dilanjutkan hingga besoknya 17 November 2017 dan menghasilkan 5 draft deskripsi paten yang berjudul:

  • Metode Pembuatan Asam Levulinat dan Furfural dari Tandan Kosong Kelapa Sawit
  • Produk Cumi Sintetis untuk Penderita Alergi Molluska dan Vegetarian
  • Pembuatan Jalur PCB dengan Metode Maskless Photolithography menggunakan DLP Projector
  • Metode Pembuatan Modul PCR Portabel
  • Metode Pembuatan Bone Graft Komposit

 

Subkegiatan: FGD Pendirian Jurnal Nasional

FGD Pembuatan Jurnal Nasional mengundang Dr. Hasballah Zakarian dari ITB, ibu drg. Diah Ayu Maharani dari KPPRI UI, Dr. Boy Subirosa Sabarguna dan dr. Nino Susanto dari FKUI, dan Dr. Tomy Abuzairi dari FTUI. Pertemuan ini bertujuan untuk mendirikan jurnal nasional di bidang biomedis di bawah RCBE.

Jurnal nasional di bidang biomedis sebelumnya sudah ada yaitu Jurnal Teknologi Biomedis, didirikan atas nama Fakultas Kedokteran, dari program studi TBM. Jurnal ini sudah terdaftar di ISSN. Dari hasil pembahasan, diputuskan untuk melanjutkan jurnal ini dan mengganti namanya menjadi Jurnal Teknik Biomedis Indonesia. Untuk kepengurusan akan dikepalai oleh Dr. Basari dan anggotanya adalah dari Program Studi Teknik Biomedis FTUI dan dari FKUI.

KESIMPULAN PERENCANAAN JURNAL TEKNIK BIOMEDIS INDONESIA

  • Januari – Februari pengurusan website dari yang sudah ada
  • Menerbitkan 3 edisi pada tahun 2018 (Maret, Juli, November)
  • Publikasinya maksimal 10 artikel setiap edisi. Setiap artikel masing-masing halamannya 10.
  • Kolomnya dua, ketika submission cukup 1 kolom tetapi ketika proceeding menjadi dua kolom.
  • Menggunakan bahasa Indonesia
  • Beririsan dengan Fisika Medis, Elektro Medis jadi harus mencari reviewer yang bervariasi
  • Desember 2018 mengajukan akreditasi DIKTI

STRUKTUR TIM

  • Ketua: Pak Basari
  • Anggota: Dr. Boy, Hasballah Zakaria, Tommy, Rezal, Prof. Tresna
  • Calon Reviewer: Prof. Tati, Prof. Benyamin, Pak Yudan, Prof. Widowati (UGM), Ahmad Arifin (ITS), Matuli (SGU), Prawito, Sastra, Nurhadi, Edrial, Decky

 

Subkegiatan: Pembahasan Roadmap Penelitian dan Produk RCBE

Secara singkat, roadmap penelitian RCBE akan dikembangkan menurut bagan ini:

 

Subkegiatan: Workshop Kerjasama RCBE – FKG UI

Workshop bertujuan mendiseminasi penelitian terkait di bidang kesehatan gigi dan mulut yang ada di RCBE kepada dosen/peneliti dari FKG UI. Pada kegiatan ini RCBE diwakili oleh Pak Sugeng, Pak Yudan, dan Pak Sahlan mempresentasikan penelitiannya masing-masing kepada tim dari FKG UI yaitu Dr. drg. Miesje Karmiati Purwanegara, SU, SpOrt(K); Dr. drg. Yuniardini Septorini Wimardhani, M.Sc.Dent; Dr. drg. Retno Widayati, SpOrt (K); drg. R.M. Tri Ardi Mahendra, SpPros; drg. Gita Sjarkawi, M.Kes; dr. Atik Ramadhani beserta para dokter gigi residen.

Pak Sugeng mempresentasikan tentang bracket orthodontic, dimulai dari proses desainnya, proses pembuatannya, hingga proses pengembangan dan industrinya.

Pak Sahlan mempresentasikan tentang Propolis, dimulai dari tentang perlebahan dan madu di Indonesia, proses pembuatan produk dari Propolis hingga pengembangan. Salah satu produk dari propolis yaitu Flolis, atau Propolis fluoride, cairan oles gigi untuk mencegah dan mengobati karies akan dikembangkan dan diproduksi dengan bekerja sama dengan FEB UI

Pak Yudan mempresentasikan tentang Lab on Chip, di mana Lab on Chip PCR sekarang sedang tahap dikembangkan teknologinya.

 

Subkegiatan: Workshop Pelatihan Administrasi dan Keuangan

Workshop pelatihan ini mendatangkan narasumber dari Kantor Administrasi Riset dan Inovasi (KARI) UI yaitu Bapak Parulian Paidi Aritonang dan Ibu Almira Gitta. KARI merupakan salah satu lembaga di bawah Wakil Rektor bidang Riset dan Inovasi yang bertugas mengurus administrasi, keuangan, dan legal untuk program hibah yang masuk dan ada di UI. Kedua narasumber menjelaskan tentang proses administrasi dan keuangan yang ada di Universitas Indonesia, termasuk tentang proses penerimaan hibah dari UI dan RISTEKDIKTI, serta membahas Rencana Penggunaan Anggaran, perpajakan, dan lain-lain

From Media