RITECH EXPO 2018

RITECH EXPO 2018

Pekanbaru, Riau
10th August 2018

RITECH EXPO merupakan pameran tahunan yang diselsenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dengan menampilkan berbagai hasil riset dan inovasi di bidang Teknologi. Pameran ini menyajikan berbagai produk inovasi unggulan dari perguruan tinggi, lembaga riset, industri, hingga para inovator yang keseluruhannya merupakan karya anak bangsa. Ritech Expo 2018 kali ini diadakan di Pekanbaru, Riau pada tanggal 9 – 12 Agustus 2018. Sebagai tema besar Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) ke 23, dipilih tajuk “Inovasi untuk Kemandirian Pangan dan Energi” dengan sub tema “Sektor Pangan dan Energi di Era Revolusi Industri 4.0.”

Pameran dibuka pada tanggal 9 Agustus 2018 dengan pemukulan kompang dengan lighting fixture oleh Menristekdikti Mohamad Nasir yang didampingi oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman. Terdapat kurang lebih 90 institusi dan 200 booth turut memeriahkan acara ini. Selain memamerkan produk-produk inovasi karya anak bangsa, Ritech Expo 2018 juga menyelenggarakan berbagai kegiatan menarik antara lain demo produk iptek, seminar iptek, demo sains, temu bisnis, dan lomba-lomba.

RCBE UI yang merupakan salah satu Pusat Unggulan Ipteks Perguruan Tinggi (PUI-PT) KEMENRISTEKDIKTI turut serta mengikuti kegiatan Pameran RITECH EXPO 2018 ini untuk memperkenalkan hasil penelitian dan produk-produk yang telah dibuat kepada masyarakat yaitu prototype implant tulang biomaterial, prototype lab on chip untuk deteksi malaria, simulasi pengajaran skeleton model dengan Virtual Reality, serta simulasi CPR pada bayi dengan metode Mixed Reality.

From Media