Kunjungan Teaching Factory ke Yogyakarta

Kunjungan Teaching Factory ke Yogyakarta

Yogyakarta
4th December 2017

Pada tanggal 4 Desember 2017, tim Titanium Implan Departemen Teknik Mesin dan Departemen Teknik Metalurgi dan Material Universitas Indonesia melakukan kunjungan ke PT. ITOKOH CEPERINDO dan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada untuk melakukan kegiatan teaching factory ke laboratorium dan workshop implan Dr. Suyitno, S.T., M.Sc. di Departemen Teknik Mesin.

Kunjungan pertama ke PT. ITOKOH CEPERINDO, di mana merupakan perusahaan yang bergerak di bidang stainless steel dan alloy steel casting. Produk yang dihasilkan meliputi berbagai macam komponen untuk beragam industri, seperti pertambangan, perkapalan, farmasi, dan sebagainya. Proses produksi menggunakan metode casting (sand casting, investment casting, dan titanium casting) dengan material yang digunakan antara lain stainless steel 316, 304, duplex, titanium dan lain-lain.

Gambar 1, Produk yang dihasilkan dengan Teknik Sand Casting, Investmen Casting, dan Titanium Casting

 

Di sana kami melihat langsung proses produksi dengan menggunakan metode investment casting, di mana menggunakan cetakan dengan berbahan dasar lilin atau wax yang akan menghasilkan produk lebih halus dan padat. Proses investment casting dimulai dari persiapan bahan baku, proses injection atau injeksi, assembly atau perakitan, heat treatment cetakan, pembakaran proses pengecoran material dan quenching.

Gambar 2, Proses Investment Casting menggunakan Mesin Injeksi Lilin

 

Gambar 3, Foto Bersama Kegiatan Teaching Factory di PT. ITOKOH CEPERINDO

 

Kunjungan kedua adalah menuju Fakultas Teknik, Departemen Teknik Mesin Universitas Gadjah Mada. Di mana kegiatan yang dimaksud untuk mengunjungi laboratorium dan melihat kegiatan serta workshop implan di bawah bimbingan Dr Suyitno, S.T., M.Sc., yang sudah berjalan kurang lebih 10 tahun. Saat ini Dr. Suyitno bersama tim yang tergabung dalam kelompok penelitian Center for Inovation of Medical Equipments and Devices (CIMEDs) sedang meneliti ukuran dan bentuk sendi lutut serta sendi panggul dengan memanfaatkan CT Scan Multi Slice RS UGM. Di mana, dari hasil pengukuran ini akan menjadi data acuan perancangan prosthesis sendi dan acuan aplikasi prosthesis sendi bagi pasien di Indonesia. Saat ini Dr. Suyitno bersama tim sudah memproduksi implan penyambung tulang dengan berbagai tipe seperti DCP, T-plate, L-plate dan Cobra Head plate. Bahan yang digunakan untuk membuat plate saat ini adalah SS 316, karena dilihat dari harga yang terjangkau dan juga karakteristik material tersebut. Namun, Dr. Suyitno juga telah mengembangkan dan memproduksi knee joint menggunakan bahan titanium.

Gambar 4, Sesi Diskusi Tim Riset UI dengan Dr Suyitno dan beberapa Dosen Mesin UGM

 

 

From Media