Kunjungan ke CV. Bartec Utama Mandiri dan Akademik Teknik Elektro Medik

Kunjungan ke CV. Bartec Utama Mandiri dan Akademik Teknik Elektro Medik

3rd May 2018

Kunjungan ke CV. Bartec dan Akademik Teknik Elektro Medik (ATEM) Semarang dilaksanakan pada hari Kamis dan Jumat, 3 – 4 Mei 2018. Adapun anggota dari FTUI yang berkunjung adalah Imansyah Ibnu Hakim (Manajer Kerjasama dan Ventura FTUI), Basari (Ketua Program Studi Teknik Biomedis), Yudan Whulanza (tim RCBE), Sugeng Supriadi (tim RCBE), Dwisetya Safirna Widyaratih (staf RCBE), serta Ardiansyah (P2M DTM). CV. Bartec didirikan pada Maret 2003 dan berlokasi di Semarang. Perusahaan ini berfokus pada produksi peralatan rumah sakit dengan nama merk Buma. Produk meliputi furnitur rumah sakit, seperti tempat tidur, lemari, dan trolley. Selain itu, CV. Bartec juga menyediakan inkubator bayi, ozonizer, dan sistem pengolahan limbah. Saat ini CV Bartec sedang mengembangkan Biosafety Cabinet.

Kegiatan ini diawali dengan kunjungan ke Akademi Teknik Elektro Medik (ATEM) Semarang. ATEM merupakan bagian dari grup bisnis CV. Bartec. ATEM Semarang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan, khususnya tenaga profesional di bidang teknik elektromedik. Program studi dilaksanakan selama 3 tahun dan lulusan memperoleh gelar Diploma III. Dengan adanya kunjungan ini, diharapkan kerjasama antara Teknik Biomedis UI dan ATEM Semarang dapat dijalin.

Kunjungan berikutnya dilaksanakan di pabrik CV. Bartec. Acara dimulai dengan presentasi dari Pak Hadi Pranoto sebagai Direktur Utama CV. Bartec dan dilanjutkan dengan diskusi mengenai produk-produk alat kesehatan di Indonesia. Hal-hal penting yang didapat dari diskusi ini yaitu alat kesehatan di Indonesia didominasi oleh produk impor, sehingga perlu diadakan kolaborasi antara industri dan akademisi untuk menciptakan produk-produk alat kesehatan lokal yang unggul. Selain itu, pasar industri alat kesehatan nasional sangalah tinggi dan akan terus meningkat. Peluang usaha sangatlah besar dan menjanjikan. Tentunya peluang kerjasama ini dapat direalisasikan melalui RCBE (Research Center for Biomedical Engineering). Kemudian, tim dari FTUI juga berkunjung ke tempat konstruksi Technopark yang dimiliki oleh grup CV. Bartec. Technopark dibangun sebagai lokasi pusat kegiatan elektro medis di Semarang. Unit-unit yang tergabung dalam Technopark adalah pengajaran, pelatihan, riset, dan kalibrasi peralatan elektro medis.

Harapan kami tentunya bisa terjalin kerjasama yang saling menguntungkan antara CV Bartec Utama Mandiri, ATEM, RCBE, dan Teknik Biomedis FTUI.

From Media