International Symposium on Biomedical Engineering (ISBE) 2020

International Symposium on Biomedical Engineering (ISBE) 2020

Depok, Jawa Barat, Indonesia
29th July 2020

dikutip dari: http://eng.ui.ac.id/blog/ftui-selenggarakan-the-international-symposium-on-biomedical-engineering-isbe-2020/ 

Sejak didirikan pada tahun 2015, Research Center on Biomedical Engineering (RCBE) telah menjadi wadah bagi para peneliti di bidang teknik dan kesehatan bertemu.

The International Symposium on Biomedical Engineering (iSBE) merupakan simposium internasional tahunan yang diselenggarakan oleh RCBE sebagai tempat untuk saling berbagi hasil penelitian dan publikasi bagi para peneliti di kedua bidang tersebut selama lima tahun terakhir.

Pada Selasa-Rabu, 28-29 Juli 2020, iSBE yang kelima kembali diselenggarakan di kampus FTUI Depok. Berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya, iSBE 2020 diselenggarakan secara virtual. Hal ini mengingat pandemi COVID-19 yang masih mewabah, membuat panitia iSBE merubah metode pelaksanaan dari presentasi langsung menjadi presentasi virtual menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Tahun ini, iSBE 2020 mengangkat temaEmpowering Multidisciplinary Partnership for Healthcare Product Industry and Services.

Pada sambutannya, Dekan FTUI, Dr. Ir. Hendri D.S. Budiono, M.Eng., menyampaikan, ”Kita harus dapat bekerja sama antara bidang teknik dan kesehatan dalam menjawab tantangan di bidang biomaterial, alatkesehatan, fungsi penghantaran obat dan bagaimana kita dapat menghasilkan produk-produk riset dalam menghadapi COVID-19.”

iSBE 2020 juga diselenggarakan bekerja sama dengan Fakultas Kejuruteraan Mekanikal, Universiti Teknologi Mara (UiTM), Malaysia. 104 peserta dari 3 negara juga berpartisipasi mempresentasikan makalan mereka selama dua hari penyelenggaraan symposium internasionalini. Keseluruhan  makalah tersebut terbagi kedalam tiga topik besar: Biomaterial, Medical Device and Drug Delivery, serta topik khusus terkait COVID-19.

Pada acara pembukaan ditampilkan empat orang pembicara utama yaitu: Prof. Dr. Uda Hashim (Institute of Nano Electronic Engineering Universiti Malaysia Perlis) dengan topik Medical Diagnostic Device For COVID-19, Detection: Preliminary Evaluation, Dr. Basari, S.T., M.Eng (Biomedical Engineering Study Program Faculty of Engineering, Universitas Indonesia) dengan topik Low-Cost Ventilator Covent-20 For COVID-19. From Research to Production, Prof. Masafumi Yohda (Department of Biotechnology and Life Science Tokyo University of Agriculture and Technology, Jepang) dengan topik Development of a Fully Automated Real-Time RT-PCR System and Its application for SARS-Cov2 Detection, dan Assoc. Prof. Ts. Dr. Solehuddin Bin Shuib (Universiti Teknologi Mara, Malaysia) dengan topik The Current Trend of Finite Element Modelling in Biomechanics In The Era Of Industrial Revolution 4.0 (IR 4.0).

Makalah terpilih dari symposium internasional ini akan dipublikasikan pada beberapa jurnal internasional, antara lain: International Journal of Technology (Q1), Journal Mechanical Engineering (Q3), Journal of Tribology (Scopus), Medical Journal Indonesia (Q4), dan AIP Proceeding (Scopus).

From Media